Friday, August 27, 2010

S.Rupa part2

Ulos Sadum

Ulos ini penuh dengan warna-warni yang ceria sehingga sangat cocok dipakai untuk suasana sukacita. Di Tapanuli Selatan misalnya ulos ini biasanya dipakai sebagai Ulos Panjangki (parompa) bagi keturunan “Daulat, Baginda atau Raja”. Untuk mengundang (marontang) Raja-raja, ulos ini dipakai sebagai alas sirih diatas pinggan godang (burangir/haronduk panyurduan). Aturan pemakaian ulos ini demikian ketat hingga ada golongan tertentu di Tapanuli Selatan yang dilarang memakai ulos ini. Karena motifnya yang indah di daerah lain ulos ini sering diberikan sebagai kenang-kenangan atau dibuat sebagai hiasan dinding.





Batik Solo



Corak batik Solo sangat kental dengan makna-makna simbolis yang dipengaruhi kebudayaan Hindu. Ciri khas batik Solo adalah banyak ditemukan motif-motif seperti sawat, meru, naga, burung, dan modang. Secara umum batik Solo menggunakan perpaduan bentuk-bentuk geometris yang ukurannya kecil-kecil.
Ciri khas yang kentara pada batik Solo tampak dalam pewarnaannya. Misalnya saja warna batik hitam, tidak sepenuhnya hitam,namun cenderung kecokelatan. Hampir serupa dengan warna hitamnya, dalam pewarnaan batik, unsur cokelatnya tetap menonjol dan kuat. Motif batik Solo yang paling terkenal, diantaranya Truntum, Sidoluhur, Alas-alasan, dan sebagainya.



Batik Yogyakarta


Serupa dengan batik Solo, batik Yogyakarta juga memiliki makna-makna simbolis kebudayaan Hindu di tiap-tiap motifnya. Bahkan sedikit lebih ekstrem, di Yogyakarta ada larangan memakai batik-batik yang coraknya sudah dipakai oleh keluarga Sultan atau keturunan kraton.
Secara garis besar, motif batik Yogyakarta banyak memadukan bentuk-bentuk geometris dan nongeometris yang ukurannya berbandingterbalik dengan motif batik Solo. Soal pewarnaan, batik Yogyakarta sangat jauh berbeda dengan batik Solo. Karena pewarnaan batik Yogyakarta kebanyakan menggunakan warna-warna terang dan bersih. Motif batik Yogyakarta yang paling terkenal adalah sumbagen huk, Kawung, dan Parang.

No comments:

Post a Comment